Tulis Tentang 6 Topik Ini, Blogmu akan Kebanjiran Pengunjung

  • byPenakita

  • October 16, 2018

Banyak blogger pemula yang mengalami kesulitan untuk menambah jumlah pengunjung. Mereka sudah rutin memposting konten atau tulisan setelah membangun blog sekian lama, tapi pengunjung situs blognya tak kunjung bertambah. Di bawah ini, kita akan menjelaskan tentang bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung dengan cara menentukan tema atau topik. Konsepnya adalah, topik yang kamu pilih harus merupakan topik yang dicari oleh banyak orang. Di dunia blogging, topik biasa disebut niche. Adapun contohnya seperti berita, olahraga, kesehatan, game dan lain-lain.
Tidak sedikit blogger pemula yang melakukan kesalhan fatal dalam mengisi kontennya. Misalnya, mereka copy-paste tulisan orang lain, mencuri artikel dan membuat konten yang asal-asalan. Tidak hanya itu, membuat blog juga harus menentukan satu topik, sehingga bisa ditebak apa tema dari blog tersebut. Jika blogmu tidak konsisten dan tidak memiliki konsistensi. Akibatnya, pembaca tidak akan pernah kembali mengunjungi blogmu. Jadi, kamu memerlukan suatu tema yang banyak dicari orang yang kamu fokuskan dalam blog.
Ada 6 topik yang paling banyak dicari dan membuat situs blogmu ramai dikunjungi. Simak ulasan berikut ini:

“Apa itu?”

Artikel yang berisi tentang penjelasan. Banyak orang yang mencari defenisi atau suatu arti dengan menuliskan keyword “apa itu”. Skala pencari tentang keyword ini cukup luas. Tema seperti ini hampir mirip dengan Wikipedia. Kamu tidak perlu menuliskan artikel tentang sebuah defenisi dengan tulisan yang panjang. Cukup dengan membahas poin-poin pentingnya saja.
Skala tema ini cukup luas. Jadi, wawasanmu bisa menjadi semakin bertambah. Kamu bisa mendapatkan referensi dari website lain, buku ataupun sumber-sumber lainnya.
Jika kamu merasa kesulitan karena ranahnya terlalu luas, kamu bisa memperkecil skala temamu sehingga menjadi spesifik. Misalnya hanya tentang film saja. Atau lebih spesifik lagi misalnya hanya dalam satu film, contohnya Harry Potter. Jadi, di dalam blogmu itu membahas semua tentang defenisi dan penjelasan tentang dunia Harry Potter.

“Daftar Terbaik”

Kalau yang ini, kamu memberikan peringkat tentang sesuatu hal. Ini akan menjadi menarik karena orang suka dengan hal-hal yang unik. Misalnya 7 negara paling luas di dunia. Kamu memberikan peringkat Negara tersebut sesuai dengan wilayahnya. Atau Contoh lain adalah 7 Youtuber terkaya di dunia.
Kamu hanya tinggal menulis tulisan atau video yang ada di youtube untuk mendapatkan sumbernya. Sebaiknya kamu menuliskan secara lengkap. Karena tidak sedikit tema seperti yang menjelaskan secara dangkal. Sehingga masih menimbulkan pertanyaan.

“Download Software”

Aktifitas orang di dunia komputerisasi terus meningkat. Orang-orang terus beralih ke perangkat lunak yang lebih canggih yang lebih mudah digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih mudah. Maka, kebutuhan software terus meningkat. Makanya, tema blog seperti ini memiliki banyak pengunjung.
Kamu hanya perlu menampilkan link download software atau mengupload sendiri software ke dalam situs download dan mencantumkannya di blogmu. Tulislah ulasan tentang software tersebut. Misalnya seperti keunggulannya, cara mendownload dan cara menginstallnya. Selain dibanjiri pengunjung, blog seperti ini juga dibanjiri oleh iklan.

“Kesehatan dan Kecantikan”

Kebutuhan manusia tentang kesehatan dan kecantikan terus saja meningkat. Maka, tak heran kalau blog yang menuliskan tema tentang ini akan banyak dikunjungi. Meskipun sebenarnya orang-orang bisa dengan mudah mendapatkan tips kesehatan dan kecantikan, selain dengan mengjungi blog.
Khusus untuk tema ini, keyword yang memiliki volume pencarian tinggi adalah: “cara mempercantik awajah, cara memutihkan kulit, cara menghilangkan jerawat, cara membuat tubuh langsing dan lain”.
Tidak hanya untuk perempuan, tetapi bisa juga untuk laki-laki. Hal-hal tentang fitness dan olahraga banyak diminati oleh pria yang ingin tampil lebih gagah.
Tetapi, untuk menuliskan niche ini, kamu perlu mendapakan sumber atau referensi yang akurat dan terpercaya. Karena jika kamu menggunakan sumber asal-asalan atau menulisnya tanpa sumber atau menggunakan opini sendiri, orang yang membaca bisa berakibat fatal.

“How to”

“How to” atau bagaimana cara merupakan sebuah tutorial atau tips dan trik untuk mengatasi suatu masalah. Kamu juga bisa membahas banyak hal. Tetapi, lebih menarik lagi kalau kamu bisa memperimci temanya.
Referensinya hampir sama, kamu bisa mendapatkan sumber dari website lain atau artikel lainnya. Kamu perlu menyadur ulang tulisan dan perlu memperhatikan persoalan copy-paste. Orang tidak akan pernah lagi kembali ke situs blog mu jika kamu ketahuan copy-paste.

“Vlog”

Vlog atau video blog adalah suatu blog yang kontennya dipenuhi dengan video, dan bukan artikel atau text seperti blog pada umumnya.
Untuk mendatangkan pengunjung, pemilik situs akan membagikan tautan blog yang berisi video-video menarik yang di-embed dari YouTube, entah itu video yang berasal dari channel YouTube sendiri ataupun channel YouTuber lain.
Mereka tidak perlu repot-repot membuat artikel yang panjang ataupun menarik, cukup embed video menarik dari YouTube, bagikan tautan blog ke sosmed, dan dengan sendirinya akan ada orang yang membagikan tautan tersebut agar jangkuan audiance yang menonton video di blog tersebut semakin luas, dan dari situlah peluang vlog.
Nah, itulah 6 tema atau niche yang bisa membuat blogmu banyak dikunjungi. Selamat menulis

RELATED