Cara Menulis Artikel untuk Mendukung Penjualan Produkmu

  • byPenakita

  • October 17, 2018

Menulis artikel untuk di website atau blog seakan menjadi konten yang wajib untuk mendukung penjualan produkmu di masa sekarang ini. Tidak sedikit orang akan melihat review di website atau blog tentang produk yang akan mereka beli. Untuk itu, menulis artikel untuk mendukung penjualan harus dibuat sebaik mungkin. Salah satunya dengan membuat copywriting.

Copywriting adalah teknik menulis dilakukan dengan tujuan untuk mengajak atau mempengaruhi orang. Biasanya, copywriting banyak digunakan oleh para pelaku bisnis atau penyedia jasa. Mereka menerapkan teknik copywriting untuk beragam jenis konten, seperti iklan, website, brosur, blog dan lain-lain. Selama ini, copywiting diyakini mampu secara efektif meningkatkan penjualan. Penulis hanya perlu menulisnya secara tepat sasatan sehingga pembaca mudah memahami dan mengerti maksud dari tulisan tersebut.

Mengingat menulis artikel untuk mendukung penjualan, maka dibutuhkan cara yang bisa mendatangkan banyak pembacaya. Ada beberapa skema atau tahapan yang dilakukan untuk copywriting dalam mendukung penjualan produk. Kita memiliki rumus atau formula AIDA yang merupakan singkatan dari Attenttion, Interest, Desire dan Action. Untuk lebih jelas, simak ulasan berikut ini:

Attention

Rumus pertama adalah attention. Artinya adalah perhatian. Tujuan menulis pertama adalah menarik perhatian orang-orang. Hal ini bisa dimulai dari judul. Karena pada dasarnya, orang hanya akan tertarik untuk baca artikel jika mereka benar-benar ingin membacanya. Untuk itu, judul yang menarik adalah sebuah pancingan.

Buatlah judul yang menarik perhatian orang, namun tidak berbohong atau sesuai dengan tulisan. Hal ini menjadi titik penting untuk keberhasilan konten yang akan kamu tulis. Misalnya, kamu menulis artikel tentang penjualan permen yang bisa mengobati batuk. Kamu bisa menuliskan judul artikel, “Tak Perlu ke Dokter, Permen Saja sudah Bisa Reda Batukmu”.

Untuk mendapatkan judul yang menarik memang memerlukan ide. Untuk menambah referensi mu, perbanyaklah membaca artikel-artikel yang memiliki judul yang menarik.

Interest

Rumus kedua adalah interest. Maksudnya adalah kamu tidak perlu membuat artikel yang bertele-tele jauh dari tujuanmu menulis artikel. Mulailah paragraf pertama dengan menyajikan fakta, data, penggambaran atau informasi yang menarik minat pembaca. Dalam paragraf pertama kamu perlu menuliskan dengan menggambarkan secara keseluruhan isi artikel. Buatlah paragraf pertama agar mereka semakin tertarik untuk membaca tulisan ke paragraf selanjutnya.

Desire

Kamu perlu menerapkan tulisan konten yang membuat pembca tertarik dan memilik rasa ingin tahu yang tinggi tentang produk yang kamu tawarkan dalam tulisan tersebut. Hendaknya kamu bisa menguasai emosi dan logika si pembaca. Sehingga mereka bisa fokus dengan pesan yang kamu sampaikan dalam tulisan.

Contohnya, artikel yang kita tulis harus mampu membuat para pembaca menjadi tertarik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai produk / jasa yang kita tawarkan di sana. Dalam hal ini kita harus mampu menguasai emosi dan logika pembaca artikel, sehingga mereka bisa fokus dan tertuju pada apa yang ingin kita sampaikan dalam artikel tersebut. Dengan begitu, maka tujuan dari copywriting yang kita lakukan bisa terlaksana dengan baik dan kita mendapatkan penjualan dari hal tersebut.

Dalam poin ini kita tidak bisa hanya fokus pada beragam fitur yang terdapat dalam produk yang sedang kita tawarkan saja. Namun kita juga harus menonjolkan beragam keuntungan dan kelebihan dari produk yang kita tawarkan kepada para pembaca. Sehingga pembaca tertarik untuk membeli.

Action

Kita akan mengajak pembaca untuk action sesuai dengan tujuak yang kita harapkan. Ini adalah tujuan yang paling penting dalam menulis artikel. Maka, dalam artikel di webstie atau di blog, buatlah link untuk membeli atau berlangganan produkmu. Buatlah mereka dengan mudah bisa mendapatkan produkmu, setelah mereka membaca artikel. Jika kamu tidak membuat kemudahan, pembaca akan malas untuk membeli atau berlangganan produkmu.

Itulah tadi cara menulis artikel di blog atau website untuk mendukung penjualan produk. Selamat mencoba.

RELATED