Cara Menulis Artikel SEO-Friendly

  • byPenakita

  • October 17, 2018

Kamu telah rutin menulis blog selama beberapa waktu, tapi pengunjungnya masih sepi? Mungkin kamu belum menulis dengan metode SEO-friendly. Apa itu SEO-friendly? Maksudnya adalah mesin pencari atau sebuah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang dalam mencari website, layanan produk, informasi dan lainnya. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang diterjemahkan menjadi “optimasi mesin pencari”.

Sampai di sini, apakah kamu sudah paham apa maksud dari SEO-friendly dan kenapa kamu perlu menggunakan metode tersebut? Ya, tujuannya agar website atau situs blogmu dikunjungi oleh banyak orang. Cara kerjanya adalah orang akan memasukkan keyword di mesin pencari, lalu situsmu bisa tampil di halaman pertama pencarian tersebut.

Oke, sekarang akan kita bahas bagaimana menulis artikel sesuai dengan SEO-friendly. Simak cara berikut:

Gunakan Keyword yang Dicari oleh Audiens

Langkah pertama, kamu perlu mencari keyword sebelum kamu menulis artikel. Kamu harus menyesuaikan tema blog yang kamu tulis dan siapa yang akan menjadi calon pembacamu nantinya. Jadi, kamu bisa tahu target keyword yang biasa mereka ketik di mesin pencari. Setiap segmen memiliki karakteristik yang berbeda. Maka, setiap segmen juga memiliki keyword yang berbeda pula.

Kita ambil contoh dua segmen yang berbeda, misalnya kecantikan atau otomotif. Konsumen dari segmen kecantikan lebih banyak menulis keyword “kecantikan”, “merawat kulit”, “kesehatan kulit”, dan lain-lain. Sedangkan netizen otomotif lebih banyak mencari tips merawat mobil modifikasi, atau tren otomotif.

Lalu, mungkin kamu akan bertanya, bagaimana cara mencari keyword yang banyak dicari? Kamu bisa menemukannya melalui situs pencari keyword, seperti ketwordtools.io atau situs-situs semacamnya. Google dapat mengetahui para pencari puas atau tidak dengan hasil pencarian berdasarkan beberapa indikator. Beberapa di antaranya adalah lama waktu yang dihabiskan untuk membaca artikel dan apakah artikel tersebut dibagikan atau tidak.

Gunakan Focus Keyword Sewajarnya

Kamu telah menentukan keyword? Masukkan keyword tersebut ke dalam judul artikelmu dan paragraf pertama dari artikelmu. Meski kamu harus fokus untuk menaikkan rating situsmu di pencarian Google, bukan berarti kamu dapat menggunakan keyword secara berlebihan. Ini dapat menurunkan kualitas artikelmu. Kamu perlu ingat, kamu menulis artikel untuk dibaca oleh manusia sehingga struktur tulisan juga harus disesuaikan dengan selera orang. Pembaca cenderung bosan dengan pengulangan kata.

Jadi apa yang bisa dilakukan agar artikel yang Anda tulis tetap enak dibaca oleh para pencari dan tetap bisa berada di peringkat atas hasil pencarian Google? Kamu harus menulis artikel yang sesuai dengan logika pembaca. Koreksi dan baca ulang dari awal sampai akhir tulisanmu, perhatikan jika terdapat banyak pengulangan kata.

Artikel Harus Layak Baca

Ini merupakan syarat mutlak dari sebuah artikel, baik blog untuk sebuah perusahaan ataupun blog pribadi. Tulisan atau artikel haruslah merupakan sebuah bacaan yang bisa dimengerti di setiap kalimat.

Idealnya, kamu akan memerlukan editor. Namun untuk kamu yang bekerja sendiri dan tidak memiliki editor, kamu tetap bisa mengedit tulisanmu. Setelah kamu menulis, istirahat sejenak. Kemudian, cek dan perhatikan lagi tulisanmu. Usahakan jangan ada kesalahan pengetikan di setiap artikelmu. Dengarkan masukan dan kritikan dari pembaca.

Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

Link internal merupakan link pada salah satu artikel di blogmu sendiri. Link eksternal adalah link yang merujuk ke situs selain blogmu. Keduanya memiliki fungsi seperti menjelaskan lebih lanjut tentang tulisan yang kamu buat. Itulah mengapa diperlukannya link internal dan link eksternal.

Secara rinci, link internal bertujuan agar pembaca mengeksplor artikel lain yang ada di situs atau blogmu. Jadi pembaca tidak hanya membaca artikel utama, tetapi juga membaca artikel lain. Sehingga mereka menghabiskan banyak waktu di blogmu. Link internal juga membantu Google untuk memahami fokus topik blog mu.

Sedangkan link eksternal bertujuan untuk memberikan pemahaman terbaik bagi pembaca, meskipun kamu harus mengantarkannya ke situs lain.

Perhatikan Elemen Penting Blog

Artikel di blog tidak hanya terdiri dari kalimat dan paragraf. Tetapi juga terdapat komponen lain seperti URL, judul blog, dan heading. Persingkatlah URL alamat blogmu. Setelah itu, buatlah judul yang menarik yang mengandung fokus keyword. Masukkan juga keyword dalam paragraf pertama atau heading. Jangan menulis keyword secara berlebihan.

Itulah cara-cara menulis artikel yang SEO-friendly. Apa kamu ingin mencoba menulis artikel yang SEO-friendly? Selamat menulis..

RELATED